Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Arab Tentang Ilmu

 

pidato bahasa arab tentang ilmu

Arobiyahinstitute.com | Disini saya akan berbagi teks pidato bahasa arab tentang ilmu. Yang mana kita semua diwajibkan untuk mempelajarinya, khususnya ilmu agama yang berkaitan dengan ibadah-ibadah kita setiap hari.

Ilmu ibarat sebuah cahaya yang menerangi setiap jengkal langkah kita dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.  

Baik itu ilmu agama, maupun ilmu duniawi, semuanya punya peran, manfaat, dan kedudukan masing-masing. Langsung saja, ini dia teks pidato bahasa arab tentang ilmu:

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحَابَتِهِ أَجْمَعِيْنَ.

أَيُهَا الْإِخْوَانُ وَ الْأَخَوَاتُ............

الْعِلْمُ مُهِمٌّ جِدًّا لِنَّاسِ، يَعِيْشُ النَّاسُ بِسُهُوْلَةٍ وَطُمَأْنِيْنَةٍ بِهِ. لِأَنَّ الْعِلْمَ كَالضَّوْءِ يُضِيْءُ النَّاسَ فِيْ سَائِرِ حَيَاتِهِ. إِذَا أَرَدَ أَنْ يَفْعلَ شَيْئًا مَثَلًا، عَرَفَ عِلْمَهُ حَتَّى لَا يَقَعَ فِي خَطَاءٍ.

سَوَاءٌ أَكَانَ عِلْمُ الدُّنْيَوِيْ أَوْ عِلْمُ الْأُخْرَوِيْ، كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ (رواه البخاري و مسلم)

إِخْوَانِيْ وَأَخَوَاتِيْ فِي اللّهِ.........

كَيْفَ نَحْصُلُ الْعِلْمَ ؟ نَحْصُلُهُ بِطَلَبِ الْعِلْمَ فِيْ أَيِّ مَكَانٍ، فِيْ مَدْرَسَةٍ، وَ فِيْ مَكَانِ عَمَلٍ، وَ فِي مَجْلِسِ عِلْمٍ، وَ فِي جَامِعَةٍ، وَفِي غَيْرِ ذَالِك. فِيْ هَذَا الزَّمَانِ الْمُتَقَدِّمِ، نَجِدُ كَثِيْرٍ مِنْ وَسَائِلِ الدِّرَاسِيَّةِ كَإِنْتِرْنِيْت. يُمْكِنُكَ أَنْ تَبْحَثَ عَنْ كُلِّ أَخْبَارٍ، وَعُلُوْمٍ تُرِيْدُ دِرَاسَتَهَا.

الْعَالِمُ لَيْسَ كَالْجَاهِلِ، كَرَّمَ اللَّهَ تَعَالَى الْعَالِمَ بِرَفْعِ دَرَجَاتِهِ عَلَى سَائِرِ مَخْلُوْقَاتِهِ. قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: "يَرْفَعُ اللَّهُ الَّذِيْنَ آمَنُوْا مِنكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ، وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا(سورة المجادلة: 11) " وَقَالَ الشَّاعِرُ "تَعَلَّمْ، فَلَيْسَ الْمَرْأُ يُوْلَدُ عَالِمًا، وَلَيْسَ أَخُوْ عِلْمٍ كَمَنْ هُوَ جَاهِلْ".

وَلِهَاذَا اِجْتَهِدْ فِيْ طَلَبِ الْعِلْمِ، إِخْتَرْ أَيَّ عِلْمٍ تُرِيْدُ تَعَمُّقَهُ وَرَكِّزْ عَلَيْهِ، حَتَّى تَفْهَمَ جَيِّدًا.

وَأَخِيْرًا، طَلَبُ الْعِلْمِ هُوَ أَحَدُ طُرُقٍ لِدُخُوْلِ الْجَنَّةِ، كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : "مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ. (رواه مسلم)

نَكْتَفِيْ بِهَذَا الْقَدْرِ، شُكْرًا عَلَى اِهْتِمَامِكُمْ، والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Segala puji bagi Allah ta’ala Tuhan semesta alam, shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita, kekasih kita, Muhammad shallallahu alaihi wasallam, dan kepada segenap keluarganya, serta para sahabatnya.

Wahai saudara-saudara dan saudari-saudari......

Ilmu begitu penting bagi manusia. Ia akan hidup dalam kemudahan dan ketenangan jika memilikinya. Karena ilmu bagaikan cahaya yang menerangi manusia dalam hidupnya. Jika ingin melakukan sesuatu misalnya, maka ia tahu ilmunya, sehingga terjaga dari kesalahan.

Sama saja apakah itu ilmu agama maupun ilmu duniawi, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “barangsiapa menginginkan dunia, maka ia butuh ilmunya, barangsiapa menginginkan akhirat, maka ia butuh ilmunya, dan barangsiapa menginginkan keduanya, maka ia butuh ilmunya (HR. Bukhari & Muslim) .

Saudara dan saudariku dijalan Allah.........

Bagaimana kita bisa memperoleh ilmu? Kita akan memperolehnya dengan menuntut ilmu ditempat manapun, disekolah, di tempat kerja, di majlis ilmu, di universitas, dan di tempat lainnya. Di zaman yang maju ini, kita dapati banyak sarana dan prasarana untuk belajar, seperti internet. Kamu bisa mencari segala kabar dan ilmu yang kamu ingin pelajari.

Orang yang berilmu tidak sama dengan orang yang bodoh, Allah memuliakan orang yang berilmu dengan mengangkat derajatnya diatas makhluknya yang lain. Allah ta’la berfirman yang artinya “ Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.(Qs. Al-Mujadalah: 11). Seorang penyair berkata: “belajarlah! seseorang tidak dilahirkan dalam kondisi berilmu, dan tidak sama antara orang yang berilmu dan orang yang bodoh”.

Oleh sebab itu, bersungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu, pilihlah suatu ilmu yang ingin kamu pelajari, dan fokuslah dengannya sampai kamu benar-benar memahaminya. Dan terakhir, menuntut ilmu merupakan salah satu jalan yang dimudahkan ditempuh untuk meraih surga, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang artinya “barangsiapa menempuh jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga disebabkan amalan tersebut” (HR muslim)

Kita cukupkan sampai disini, terimakasih atas perhatiannya, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh teks pidato bahasa arab tentang ilmu beserta artinya dalam bahasa indonesia. Semoga bermanfaat, jangan lupa mampir lagi ke blog ini.

Berlangganan via Email