Mengenal Fi'il Shahih dan Fi'il Mu'tal

fi'il shahih dan fi'il mu'tal

Arobiyahinstitute.com | Hai sahabat arobiyah institute, di sini saya akan membahas tentang fi’il shahih dan fi’il mu’tal, simak baik baik artikel ini sampai selesai.

Jika ditinjau dari huruf penyusunnya, fi’il terbagi menjadi 2, ada fi’il yang shahih, dan ada fi’il yang mu’tal.

Fi’il Shahih

Fi’il shahih adalah fi’il (kata kerja) yang huruf penyusunnya terbebas dari dari huruf illat. Adapun huruf illat, sebagaimana telah saya sebutkan dalam artikel terdahulu adalah alif, wau, dan ya’ (ا و ي). Hal ini sebagaimana termaktub dalam kitab mulakhas qawaidil lughatil arabiyyah karya fuad nikmah.

الفعل الصحيح هو ما خلت حروفه الأصلية من حروف العلة (ملخص قواعد اللغة العربية: 216)

“fi’il shahih adalah fi’il yang huruf-huruf penyusunnya terbebas dari dari huruf illat.( mulakhas qawaidil lughatil arabiyah:216).

Contoh Fi’il Shahih

Contoh fi'il shahih sangat banyak dan tidak mungkin disebutkan semuanya disini, oleh sebab itu saya hanya menyebutkan beberapa saja sebagai perwakilan. saya kira pembaca semua sudah paham mengenai fi'il shahih ini hanya dengan membaca penjelasan diatas.

Contoh Fi’il Shahih

Artinya

Fi’il

Menyapu

كَنَسَ

Pulang

رَجَعَ

Memukul

ضَرَبَ

Tinggal

سَكَنَ

Menjaga

حَفِظَ

Menolong

نَصَرَ

Menulis

كَتَبَ

Masuk

دَخَلَ

Macam-Macam Fi’il Shahih

Fi’il shahih mempunyai 3 macam, yakni: mahmuz, mudho’af, dan salim.

Fi’il Mahmuz

Fi’il mahmuz adalah fi’il yang salah satu huruf penyusunnya (huruf asli bukan tambahan) adalah hamzah. Sebagaimana termaktub dalam mulakhas qawaidul lughatil arabiyah sebagai berikut:

الْمَهْمُوْزُ: وَهُوَ مَا كَانَ أَحَدُ حُرُوْفِهِ الْأَصْلِيَّةِ هَمْزَةٌ (ملخص قواعد اللغة العربية: 216)

“mahmuz: adalah fi’il yang salah satu huruf aslinya berupa hamzah (mulakhas qawaidul lughatil arabiyah:216)”  

Contoh Fi’il Mahmuz

Untuk memperjelas materi ini, sehingga pembaca semakin mudah dalam memahaminya,  berikut ini saya sertakan beberapa contoh dari fi’il mahmuz.

Contoh Fi’il Mahmuz

Artinya

Fi’il

Mengambil

أَخَذَ

Bertanya

سَأَلَ

Membaca

قَرَأَ

Makan

أَكَلَ

Mengisi

ملأَ

Bosan

سَئِمَ

Fi’il Mudho’af

Fi’il mudho’af adalah fi’il yang huruf penyusunnya (yang kedua (ain fi’il) dan yang ketiga (lam fi’il)) berupa huruf sejenis.

الْمُضَعّفُ الثُّلَاثِيْ : وَهُوَ مَا كَانَ ثَانِيْهِ وَثَالِثِهِ مِنْ جِنْسٍ وَاحِدٍ (ملخص قواعد اللغة العربية: 216)

“fi’il mudho’af tsulasi adalah fi’il yang huruf keduanya (ain fi’il) dan huruf ketiganya (lam fi’il) sama jenisnya (mulakhas qawaidul lughatil arabiyah:216)”

Contoh Fi’il Mudho’af

Berikut ini saya berikan beberapa contoh fi’il mudho’af untuk memudahkan kalian dalam memahami jenis fi’il ini.

 

Contoh Fi’il Mudho’af

Artinya

Fi’il

Mempererat

شَدَّ

Mengembalikan

رَدَّ

Mengguncangkan

هَزَّ

Membentangkan

مَدَّ

Lari

فَرَّ

Giat

جَدَّ

Fi’il Salim

Jenis yang ketiga dari fi’il shahih adalah fi’il salim, yakni fi’il yang huruf-huruf aslinya selamat dari dari hamzah dan penggandaan (ganda). Artinya fi’il salim adalah fi’il yang huruf-huruf penyusunnya tidak ada yang berupa hamzah, dan tidak ada yang sama jenisnya.

السَّالِمُ : وهُوَ مَا سَلِمَتْ حُرُوْفُهُ الْأَصْلِيَّةُ مِنَ الْهَمْزَةِ وَالتَّضْعِيْفِ (ملخص قواعد اللغة العربية: 216)

“fi’il salim adalah fi’il yang huruf-hurufnya selamat dari hamzah dan jenis ganda(mulakhas qawaidul lughatil arabiyah:216)”

Contoh Fi’il Salim

Berikut ini saya berikan beberapa contoh fi’il salim agar memudahkan kalian dalam memahami fi’il tersebut.

Contoh Fi’il Salim

Artinya

Fi’il

Membuka

فَتَحَ

Memahami

فَهِمَ

menulis

كَتَبَ


Fi’il Mu’tal

Setelah kalian memahami apa itu fi’il shahih, dan kalian sudah tahu macam-macamnya, sekarang kita memasuki bab fi’il mu’tal. Fi’il mu’tal adalah fi’il yang salah satu huruf aslinya (huruf penyusunnya) berupa huruf illat (ا و ي).

الْفِعْلُ الْمُعْتَلُّ هُوَ مَا كَانَ فِيْ حُرُوْفِهِ الْأَصْلِيَّةِ حَرْفٌ أَوْ اثْنَانِ مِنْ حُرُوْفِ الْعِلَّةِ وَهِيَ : الْأَلِفُ-الوَاوُ-اليَءُ (ملخص قواعد اللغة العربية: 216)

Fi’il mu’tal adalah fi’il yang salah satu huruf aslinya (huruf penyusunnya) berupa huruf illat, yakni: alif-wauw-ya’. (mulakhas qawaidul lughatil arabiyah:216)”

Macam-Macam Fi’il Mu’tal

Sama seperti fi’il shahih, fi’il mu’tal juga mempunyai beberapa macam, yakni mitsal, ajwaf, naqis, lafif mafruq, dan lafif maqrun.

Fi’il Mu’tal Mitsal

fi’il mitsal adalah fi’il yang huruf (asli) pertamanya berupa huruf illat. Adapun pengertian fi’il mitsal versi bahasa arabnya, sebagaimana diungkapkan oleh fuad nikmah dalam bukunya, adalah sebagai berikut:

الْمِثَالُ : وَهُوَ مَا كَانَ أَوَّلُ حُرُوْفِه الْأَصْلِيَّةِ حَرْفُ عِلَّةٍ (ملخص قواعد اللغة العربية: 216)

Contoh Fi’il Mu’tal Mitsal

Contoh Fi’il Mu’tal Mitsal

Artinya

Fi’il

Mendapatkan

وَجَدَ

Putus asa

يَئِسَ

Berjanji

وَعَدَ

Fi’il Mu’tal Ajwaf

Fi’il mu’tal ajwaf adalah fi’il yang huruf (asli) keduanya atau ain fi’ilnya berupa huruf illat. Adapun pengertian fi’il ajwaf versi bahasa arabnya, sebagaimana diungkapkan oleh fuad nikmah dalam karyanya, adalah sebagai berikut:

الْأَجْوَافُ: وَهُوَ مَا كَانَ ثَانِي حُرُوْفِهِ الْأَصْلِيَّةِ حَرْفُ عِلَّةٍ (ملخص قواعد اللغة العربية: 216)

Contoh Fi’il Mu’tal Ajwaf

Contoh Fi’il Mu’tal Ajwaf

Artinya

Fi’il

Berkata

قَالَ

Bermalam

بَاتَ

Taubat

تَابَ

Melindungi

صَانَ

Ada

كَانَ

Fi’il Mu’tal Naqis

Fi’il naqis adalah fi’il yang huruf (asli) terakhirnya atau ain fi’ilnya berupa huruf illat. Adapun pengertian fi’il mu’tal naqis versi bahasa arabnya, sebagaimana diungkapkan oleh fuad nikmah dalam bukunya mulakhas qawaidil lughatil arabiyah, adalah sebagai berikut:

النَّاقِصُ : وهُوَ مَا كَانَ آخِرُ حُرُوْفِهِ الْأَصْلِيَّةِ حَرْفُ عِلَّةٍ (ملخص قواعد اللغة العربية: 216)

Contoh Fi’il Mu’tal Naqis

Contoh Fi’il Mu’tal Naqis

Artinya

Fi’il

Melempar

رَمَى

Dekat

دَنَا

Bertemu

لَقِيَ

Fi’il Lafif Mafruq

Fi’il lafif mafruq adalah fi’il yang fa’ fi’ilnya (huruf pertamanya) dan lam fi’ilnya (huruf ketiganya) berupa huruf illat. Adapun versi arabnya adalah sebagai berikut:

اللَّفِيْفُ الْمَفْرُوْقُ هُوَ الْفِعْلُ الَّذِيْ فَاؤُهُ وَ لَامُهُ حَرْفَا عِلَّةٍ ("الصرف" سلسلة التعليم اللغة العربية للمستوى الثالث: 59)

Contoh Fi’il Lafif Mafruq

Contoh Fi’il Mu’tal Naqis

Artinya

Fi’il

Melindungi

وَقَى

Memimpin

وَلِيَ

Fi’il Lafif Maqrun

Fi’il lafif maqrun adalah fi’il yang ‘ain fi’ilnya (huruf keduanya) dan lam fi’ilnya (huruf ketiganya) berupa huruf illat. Adapun versi arabnya adalah sebagai berikut:

اللَّفِيْفُ الْمَقْرُوْنُ هُوَ الْفِعْلُ الَّذِيْ عَيْنُهُ وَ لَامُهُ حَرْفَا عِلَّةٍ ("الصرف" سلسلة التعليم اللغة العربية للمستوى الثالث: 59)

 Contoh Fi’il Lafif Maqrun

Contoh Fi’il Mu’tal Naqis

Artinya

Fi’il

Memanggang

شَوَى

Berniat

نَوَى

Kuat

قَوِيَ

Meriwayatkan

رَوَى

Cukup sekian pembahasan tentang fi’il shahih dan fi’il mu’tal. Kalian juga bisa membaca artikel lainnya seputar isim shahih dan isim mu'tal. Semoga artikel singkat ini bisa menambah khazanah pengetahuan kita tentang bahasa arab, kususnya ilmu sharaf. Selamat belajar, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.