Pengertian Isim Maf'ul dan Contohnya

 

isim maf'ul

Arobiyahinstitute.com | Pada artikel ini saya akan membahas tentang isim maf’ul. Sama seperti isim fa’il yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya, isim maf’ul juga merupakan isim musytaq dan ia masuk dalam bahasan ilmu sharaf atau morfologi. Yakni ilmu yang membahas perubahan bentuk kata dari satu kata kekata yang lain.

Pengertian Isim Maf’ul

Disini saya kutipkan pengertian isim maf’ul dari kitab mulakhas qawaidul lughah al arobiyyah karya Fuad Nikmah berikut ini:

اِسْمُ الْمَفْعُوْلُ هُوَ اسْمٌ مُشْتَقٌّ مِنَ الْفِعْلِ الْمَبْنِي لِلْمَجْهُوْلِ لِلدَّلَالَةِ عَلَى مَا وَقَعَ عَلَيْهِ الْفِعْلُ (ملخص قواعد اللغة العربية، 2\45)

Artinya: “isim maf’ul adalah isim musytaq dari fi’il mabni majhul yang menunjukkan atas sesuatu yang dikenai pekerjaan” (mulakhas qawaidul lughah al arobiyyah 2\45).

Contoh Isim Maf’ul

Berikut ini adalah beberapa contoh isim maf’ul dari fi’il tsulasi maupun ghairu tsulasi, yang dilengkapi dengan asal katanya yakni fi’il madhi.

Contoh Isim Maf’ul

Asal Kata

Arti

Isim Maf’ul

No

سَمِعَ

Yang didengar

مَسْمُوْعٌ

1

أَمَرَ

Yang diperintah

مَأْمُوْرٌ

2

كَرِهَ

Yang dibenci

مَكْرُوْهٌ

3

بَاعَ

Yang dijual

مَبِيْعٌ

4

رَضِيَ

Yang diridhai

مَرْضِيٌّ

5

قَرَأَ

Yang dibaca

مَقْرُوْءٌ

6

أَغْلَقَ

Yang ditutup

مُغْلَقٌ

7

اِتَّهَمَ

Yang dituduh

مُتَّهَمٌ

8

قَاتَلَ

Yang diperangi

مُقَاتَلٌ

9

اِسْتَغْفَرَ

Yang dimintai ampun

مُسْتَغْفَرٌ

10

اِسْتَعَانَ

Yang dimintai pertolongan

مُسْتَعَانٌ

11

اِسْتَجَابَ

Yang dikabulkan

مُسْتَجَابٌ

12

 

Cara Membuat Isim Maf’ul

Sama seperti isim fa’il, isim maf’ul juga bisa dibuat dari akar katanya (fi’il madhi) dengan mengikuti cara-cara berikut ini:

1. untuk fi’il tsulasi, cara membuat isim maf’ul adalah dengan mengikuti wazan (مَفْعُوْلٌ), contoh:

Isim Maf’ul

Fi’il Tsulasi

No

مَنْصُوْرٌ

نَصَرَ

1

مَضْرُوْبٌ

ضَرَبَ

2

مَقْرُوْءٌ

قَرَأَ

3

مَفْتُوْحٌ

فَتَحَ

4

مَسْمُوْعٌ

سَمِعَ

5

مَطْرُوْقٌ

طَرَقَ

6

مَتْرُوْكٌ

تَرَكَ

7

2. untuk fi’il selain tsulasi, cara membuat isim maf’ul adalah dari fi’il mudhari’nya dengan mengubah huruf mudhara’ahnya (huruf mudhara’ah adalah huruf  yang berada di awal fi’il mudhari’, yakni أ, ن, ي, ت) dengan huruf mim (م) yang berharakat dhammah dan memfathah huruf sebelum akhirnya, contoh:

Isim Maf’ul

Fi’il Ghairu Tsulasi

No

مُذَاكَرٌ

يُذَاكِرُ

1

مُقَاتَلٌ

يُقَاتِلُ

2

مُسْتَغْفَرٌ

يَسْتَغْفِرُ

3

مُتَبَاعَدٌ

يَتَبَاعَدُ

4

مُنْكَسَرٌ

يَنْكَسِرُ

5

مُقَدَّرٌ

يُقَدِّرُ

6

مُغْلَقٌ

يُغْلِقُ

7

مُقَابَلٌ

يُقَابِلُ

8

مُتَقَرَّبٌ

يَتَقَرَّبُ

9

مُسْتَعَانٌ

يَسْتَعِيْنُ

10

Cukup sekian pembahasan kita tentang isim maf’ul, pengertiannya, dan contohnya, semoga bermanfaaat, bisa dipahami dan menambah wawasan para pembaca sekalian tentang bahasa arab. Baca juga artikel-artikel lainnya tentang bahasa arab dan keislaman yang tersedia diblog ini.


Referensi:

Mulakhas qawaidul lughah al arabiyah karya Fuad Nikmah

Mansur Syah
Mansur Syah Saya Mansur Syah berasal dari Kudus Jawa Tengah. Tertarik dengan bahasa arab dan keislaman karena sejak kecil di sekolahkan di yayasan pendidikan islam. Pendidikan formal saya dimulai dari SDN 4 Kedungdowo, kemudian dilanjutkan ke Mts Ma'ahid Kudus & MA Ma'ahid Kudus. Untuk memperdalam ilmu bahasa arab dan keislaman, saya melanjutkan kuliah jurusan bahasa arab dan studi islam (D II) di Ma'had Bilal Bin Rabah UNIMUDA Sorong Papua Barat Daya , kemudian dilanjutkan dengan mengambil jurusan Ahwal Syakhsiyah pada program S1 di Universitas muhammadiyah Makassar.

Posting Komentar untuk "Pengertian Isim Maf'ul dan Contohnya"