Kultum tentang Keutamaan Menghafal al Quran

Kultum tentang Keutamaan Menghafal al Quran

Arobiyahinstitute.com | Berikut ini kami bagikan contoh kultum tentang keutamaan menghafal al qur'an. Tema yang menarik diulas dalam kultum singkat. Dimana beberapa tahun belakangan ini semakin banyak masyarakat kita menyadari akan pentingnya menghafal al Quran. Karena ada banyak sekali keutamaan keutamaan yang akan didapatkan ketika seseorang menghafalkan al Quran. 

Lebih-lebih sekarang sudah memasuki bulan suci ramadhan, dimana bulan ramadhan merupakan syahrul qur'an (bulan al qur'an) karena didalam bulan tersebutlah al qur'an diturunkan. Bagi kalian yang membutuhkan naskah kultum tentang keutamaan menghafal alqur'an, silahkan pakai naskah yang telah kami buat berikut ini.

Keutamaan Menghafal al Quran

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam, yang telah menganugerahkan banyak kenikmatan kepada kita. Shalawat serta salam kepada baginda Muhammad, sang suri tauladan yang mengajarkan banyak hal kepada kita. 

Beliau yang berkorban nyawa demi tegaknya kalimah La ilaha illallah. Mari sama sama kita bershalawat kepada beliau dengan membaca allahumma shalli ala muhammad, wa ala ali muhammad

Hadirin yang dirahmati oleh oleh Allah......

Al-Quran merupakan petunjuk hidup umat Islam. Dan sebagai seorang muslim, akan jauh lebih baik jika kita menghafalkannya, kemudian mengamalkan isi kandungannya. Saat ini kita perhatikan semakin banyak bermunculan pondok-pondok tahfidz, baik yang non formal maupun yang terintegrasi dengan pendidikan formal SMP/SMA. Hal itu tak terlepas dari animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anak-anaknya dilembaga-lembaga pendidikan islam, kususnya pada program tahfidz al qur'an.

Namun sangat disayangkan, banyaknya penghafal al Quran, mungkin sebanding dengan banyaknya orang orang yang kurang memahami sebenarnya mengapa mereka harus menghafal al Quran. Dan kurangnya pemahaman inilah yang membuat seseorang enggan menghafal al Quran. Bahkan yang sangat disayangkan, banyak sekali orang orang yang sampai berkata ‘apa yang meski dibanggakan dari anak anak yang menghafal al Quran, padahal al Quran bukan bahasa kita.’ Dan segelintir pertanyaan yang senada. 

Dan pertanyaan seperti ini akan muncul dari orang orang yang kurang memahami akan pentingnya al Quran, apa urgensi al Quran, hingga keutamaan al Quran kemudian menghafalkannya. 

Hadirin yang dirahmati Allah........

Ada banyak sekali keutamaan orang orang yang menghafal al Quran. Dan semakin kita tahu keutamaan apa saja yang akan didapatkan ketika menghafal al Quran akan membuat kita lebih khusyu' menghafalnya, dan mengharap ridha Allah. 

Adapun keutamaan menghafal al Quran yang pertama adalah menjadi shohibul qur'an dan mendapatkan syafaat ketika menjadi shahibul quran. Salah satu syafaatnya adalah menjadi syafaat di hari kiamat kelak. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam hadis yang berbunyi: 

اقرأوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابه

Artinya: “bacalah Al Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi shohibul Qur’an” (HR. Muslim  804)

Hadits tersebut menunjukkan akan manfaat yang akan didapatkan oleh mereka yang membaca al Quran. Dan termasuk di dalamnya orang orang yang menghafal al Quran. Sebagai seorang penghafal al Quran, kita akan terus berusaha membaca al Quran secara terus menerus. Entah itu ketika menambah hafalan atau ketika mengulang ngulang hafalan. Semakin sering membaca al Quran, maka akan semakin banyak kebaikan yang kita peroleh. 

Keutamaan menghafal al Quran yang berikutnya adalah masuk ke dalam golongan salah satu manusia terbaik. Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya sebaik baik manusia merupakan mereka yang mempelajari al Quran dan mengajarkannya. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam hadis yang berbunyi:

خيركم من تعلم القرآن وعلَّمه

Artinya: “sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Al Bukhari 4639).

Seseorang yang menghafal masuk ke dalam golongan orang orang yang mempelajari al Quran. Dan jika anda juga mengajarkannya kepada orang lain, tentu akan jauh lebih baik. MasyaAllah. 

keutamaan bagi hafidz qur'an selanjutnya adalah ia akan dipakaikan mahkota kemuliaan pada hari kiamat, sebagaimana hadits berikut:

يجيء القرآن يوم القيامة فيقول : يا رب حلِّه ، فيلبس تاج الكرامة ثم يقول : يا رب زِدْه ، فيلبس حلة الكرامة ، ثم يقول : يا رب ارض عنه فيرضى عنه ، فيقال له: اقرأ وارق وتزاد بكل آية حسنة ” . رواه الترمذي وقال : هذا حديث حسن صحيح

Artinya: “Qur’an datang pada hari kiamat dan mengatakan, “Wahai Tuhan, pakaikanlah. Maka dia memakai mahkota kemuliaan. Kemudian ia mengatakan: “Wahai Tuhan, tambahkanlah dia, maka dia memakai gelang kemuliaan. Kemudian ia mengatakan: “Wahai Tuhan, ridhoilah dia, maka Allah meridhoinya. Dikatakan kepadanya, “Bacalah dan naiklah. Ditambah setiap ayat suatu kebaikan.” HR. Tirmizi, dan ia mengatakan, “Hadits ini hadits hasan shahih.

Dan hadirin, tentu saja selain beberapa keutamaan menghafal al Quran di atas, masih ada banyak keutamaan yang lainnya yang akan diperoleh. Semoga Allah memberikan kita keinginan kuat untuk menghafal al Quran, dan istiqamah mempertahankannya. Demikian kultum tentang keutamaan menghafal al qur'an, semoga bermanfaat, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.