Tulisan Arab Innallaha Ma’asshobirin Beserta Makna Yang Terkandung Di Dalamnya

tulisan arab innallaha ma'asshobirin

Arobiyahinstitute.com |
Pada artikel ini kita masih membahas tentang tulisan, dan untuk kali ini yang akan kita bahas adalah tulisan arab Innallaha ma’asshobirin. Tentu kita semua tidak asing dengan lafadz tersebut, karena ia merupakan penggalan dari ayat dalam al qur’an. Lagi pula ayat itu sangat masyhur ditengah tengah umat islam, karena sering disampaikan oleh para penceramah dalam ceramah-ceramahnya.

Tulisan Arab Innallaha Ma’asshobirin

Sudah lumprah jika banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana tulisan arab lafadz ini, karena kebanyakan dari umat islam hanya bisa membaca teks arab saja tanpa bisa menulis atau mengartikannya. Oleh sebab itu, jika kalian ingin mengetahui bagaimana tulisan arabnya lafadz innallaha ma’asshobirin silahkan buka al qur’an surat al baqarah ayat 153 dan surat al anfal ayat 46. 

Dimana bunyi kedua ayat tersebut adalah sebagai berikut :

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ (الأنفال: 46)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ (البقرة: 153) 

Jadi tulisan arabnya lafadz innallaha ma’asshobirin sebagaimana yang terdapat dalam kedua ayat diatas adalah:

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “ Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”

Yang dimaksud dengan “kata bersama” dalam 2 ayat diatas bukan bersama dalam arti dhohir. Namun yang dimaksud adalah kebersamaan Allah dalam arti maknawi. Yakni Allah akan menolong, membantu, mendukung, menyokong, menguatakan, serta melindungi orang yang dibersamainya, dalam kontek 2 ayat diatas adalah orang-orang yang sabar. Hal itu sebagaimana yang dijelaskan dalam tafsir al muyassar berikut:

إن الله مع الصابرين بعونه وتوفيقه وتسديده. وفي الآية: إثبات معيَّة الله الخاصة بالمؤمنين، المقتضية لما سلف ذكره; أما المعية العامة، المقتضية للعلم والإحاطة فهي لجميع الخلق. (تفسير الميسر، ص. 23) 

Artinya: “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar melalui pertolongan-Nya, taufik-Nya, dan arahan-Nya. Dan di ayat ini: penetapan “Ma’iyyah (kebersamaan) Allah” dikhususkan hanya untuk orang yang beriman berkenaan dengan apa-apa yang telah disebutkan. Adapun “Ma’iyyah (kebersamaan)” Allah yang secara umum, berkenaan dengan ilmu dan cakupan diperuntukkan untuk seluruh makhluk. (tafsir al muyassar : hlm. 23)

Contohnya adalah sebagaimana dalam surat al hadid ayat 4 berikut:

وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ (الحديد : 4)

Artinya: “Dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada” (Al Hadid: 4)

Maksud dari ayat diatas adalah Allah selalu mengetahui kondisi kamu dengan ilmu-Nya dimana saja kamu berada. Tidak ada yang tersembunyi dari Allah, semuanya Dia ketahui.

I’rab Lafadz Innallaha Ma’asshobirin

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

إِنَّ : حَرْفُ تَوْكِيْدٍ وَنَصْبٍ مَبْنِيٌّ عَلَى الْفَتْحِ

Inna : huruf taukid dan nashab mabni ‘alal fathi

اللَّهَ : لَفْظُ الْجَلَالَةِ اسْمُ إِنَّ مَنْصُوْبٌ وَعَلَامَةُ نَصْبِهِ الْفَتْحَةُ

Allah : lafdzul jalalah, isim inna, beri’rab nashab dan tanda nashabnya adalah fathah 

مَعَ : ظَرْفُ مَكَانٍ مَنْصُوْبٌ وَعَلَامَةُ نَصْبِهِ الْفَتْحَةُ مُتَعَلِّقٌ بِمَحْذُوْفٍ خَبَرُ إِنَّ

Ma’a : dharaf makan beri’rab manshub dan tandanya adalah fathah, dia memiliki hubunga dengan kata yang terhapus, sebagai khabar inna. 

الصَّابِرِيْنَ : مُضَافُ إِلَيْهِ مَجْرُوْرٌ وَعَلَامَةُ جَرِّهِ الياءُ لأنَّهُ جَمْعُ مُذَكَّر سالم

Asshobirin : mudhaf ilaihi beri’rab majrur dan tandanya adalah huruf ya’ karena ia berupa jamak mudzakkar salim.

Sampai disini pembahasan singkat tentang tulisan arab Innallaha ma’asshobirin beserta kandungan maknanya dan I’rab lafadznya, semoga bermanfaat.