Daftar Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Disebutkan Dalam Al Qur’an

nama 25 nabi dan rasul

Arobiyahinstitute.com | Hai sahabat arobiyah institute pada artikel ini kami akan membahas tentang nama 25 Nabi dan Rasul yang di sebutkan dalam Al Qur’an. Sebelum ke inti pembahasan, ada beberapa hal yang perlu kami bahas juga sebagai pelengkap artikel ini, seperti kewajiban beriman terhadap Rasul, perbedaan Nabi dan Rasul, jumlah Nabi dan Rasul, ayat-ayat Al Qur’an yang menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul, dan yang terakhir adalah nama 25 Nabi dan Rasul.

Kewajiban Beriman Kepada Rasul

Di antara pokok keimanan yang perlu di imani (diyakini) oleh umat islam adalah beriman terhadap para rasul. Yakni beriman bahwasanya Allah Ta’ala memiliki Rasul yang diutus kepada manusia untuk menyampaikan ajaran tauhid.

Beriman kepada para rasul hukumnya wajib, barangsiapa mengingkarinya maka ia keluar dari islam (kafir). Diantara hadits yang menjelaskan tentang rukun iman adalah hadits jibril berikut:


فَأَخْبِرْنِي عَنِ الْإِيمَانِ، قَالَ: "أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ، وَمَلَائِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَالْيَوْمِ الْآخِرِ، وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ".(رواه مسلم)


Artinya: (Malaikat jibril berkata): “wahai Muhammad, kabarkan kepadaku tentang iman”. (Rasulullah menjawab): “Kamu beriman kepada Allah, dan Malaikat-malaikatnya, dan kitab-kitabnya, dan Rasul-rasulnya, dan hari kiamat, dan kamu beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk”. (HR Muslim)

Hadits diatas menjelaskan bahwa rukun iman itu ada 6, dan salah satunya adalah beriman kepada para rasul secara umum. Jadi kita dituntut beriman kepada semua rasul yang adam bukan Cuma beriman kepada Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Selain hadits di atas, perintah beriman kepada para rasul juga ditegaskan dalam firman Allah ta’ala:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَى رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ....(النساء: 136)


Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya” (QS. An Nisa: 136)

Perbedaan Nabi dan Rasul

Nabi adalah manusia yang diberi wahyu berupa syari'at dan tidak diperintahkan untuk menyampaikan, kalau Nabi tersebut diperintahkan untuk menyampaikannya maka dinamakan Rasul. Setiap Rasul pasti Nabi dan tidak setiap Nabi disebut Rasul.

Jadi perbedaan keduanya adalah nabi tidak diperintahkan menyampaikan wahyu yang diturunkan kepadanya kepada umat, sedangkan rasul diperintahkan menyampaikan wahyu yang diturunkan kepadanya kepada umat manusia. Keterangan ini bisa dilihat dikitab jawahir kalamiyah yang mana redaksi bahasa arabnya sebagai berikut:


النبي إنسان أوحى إليه بشرع وأن لم يؤمر بتبليغه فإن أمر بتبليغه سمي رسولا أيضا، فكل رسول نبي وليس كل نبي رسولا (الجواهر الكلامية ص. 41)


Jumlah Nabi Dan Rasul

Berapa jumlah nabi dan rasul yang ada? Mengenai hal itu tidak ada yang tahu pasti. Meskipun ada yang mengatakan bahwa jumlah nabi adalah 112.000 dan jumlah rasul adalah 313 namun dalil yang dipakai landasan adalah hadits dha’if, yakni sebagai berikut:


عن أبي ذر قال : قلت :  يَا رَسُولَ اللَّهِ كَمِ الْأَنْبِيَاءُ ؟  قَالَ: ( مِائَةُ أَلْفٍ وَعِشْرُونَ أَلْفًا)، قُلْتُ :يَا رَسُولَ اللَّهِ كَمِ الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ؟ قَالَ : (ثَلَاثُ مِائَةٍ وَثَلَاثَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا)، قَالَ قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ كَانَ أَوَّلُهُمْ ؟ قَالَ : (آدَمُ .... )رواه ابن حبان


Artinya: dari abu dzar ia berkata:“Aku berkata: wahai Rasulullah, ada berapa jumlah Nabi? Rasulullah menjawab: Nabi ada 120.000 orang. Aku berkata: wahai Rasulullah, ada berapa jumlah Rasul? Rasulullah menjawab: Rasul ada 313 orang, mereka sangat banyak”. Aku berkata: wahai Rasulullah siapa yang pertama diantara mereka? Rasulullah menjawab: “Nabi Adam….(HR. Ibnu Hibban (hadits dha’if, didhaifkan Syaikh Syu’aib Al Arnauth dalam Tahqiq Shahih Ibnu Hibban, 2/79).

Jadi yang lebih rajih (kuat) dalam masalah ini adalah tidak ada yang tahu pasti jumlah nabi dan rasul. Sebagian ada yang diceritakan dalam Al Qur’an dan ada pula yang tidak diceritakan dalam Al Qur’an. Adapun nama nabi dan rasul yang disebutkan dalam Al Qur’an berjumlah 25. Allah ta’ala berfirman:


وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلًا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ...(النساء:164)


Artinya:”dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak kami kisahkan tentang mereka kepadamu….”(Qs. An-Nisa’: 174)

Daftar Nama 25 Nabi dan Rasul

Ibu katsir ketika menafsirkan sebuah ayat, ia berkata:

قال ابن كثير رحمه الله:" وهذه تسمية الأنبياء الذين نُصَّ على أسمائهم في القرآن ، وهم : آدم ، وإدريس ، ونوح ، وهود ، وصالح ، وإبراهيم ، ولوط ، وإسماعيل ، وإسحاق ، ويعقوب ، ويوسف ، وأيوب ، وشعيب ، وموسى ، وهارون ، ويونس ، وداود ، وسليمان ، وإلياس ، والْيَسَع ، وزكريا ، ويحيى ، وعيسى عليهم الصلاة والسلام ، وكذا ذو الكفل عند كثير من المفسرين ، وسيدهم محمد صلى الله وعليه وسلم ". (تفسير ابن كثير 2 / 469 )


Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “dan ini nama-nama para nabi yang di tulis dalam al Qur’an, mereka adalah; Adam, Idri, Nuh, Hud, Shaleh, Ibrahim, Lut, Isma’il, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syu’aib, Musa, Harun, Yunus, Dawud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa’, , Zakariya, Yahya, Isa, Dzul kifli menurut mayoritas mufassir, dan pemimpin mereka Muhammad shallallahu alaihi wasallam”(tafsir ibnu katsir: 2/469)

Berikut ini adalah daftar nama 25 nabi dan rasul yang disebutkan di dalam Al Qur’an:

Mereka semua berstatus sebagai nabi sekaligus sebagai rasul.

Ayat-ayat Al Qur’an Yang Menyebutkan Nama 25 Nabi dan Rasul

Berikut ini adalah ayat ayat Al Qur’an yang menyebutkan nama 25 Nabi dan Rasul:


  • إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى آدَمَ وَنُوحًا وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ (آل عمران :33)

  • قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَى وَعِيسَى وَمَا أُوتِيَ النَّبِيُّونَ مِنْ رَبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ (البقرة :136)

  • وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِدْرِيسَ إِنَّهُ كَانَ صِدِّيقًا نَبِيًّا (مريم :56)
  • وَأُوحِيَ إِلَى نُوحٍ أَنَّهُ لَنْ يُؤْمِنَ مِنْ قَوْمِكَ إِلَّا مَنْ قَدْ آمَنَ فَلَا تَبْتَئِسْ بِمَا كَانُوا يَفْعَلُونَ (هود :36)
  • إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ هُودٌ أَلَا تَتَّقُونَ (الشعراء:124)
  • إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ صَالِحٌ أَلَا تَتَّقُونَ (الشعراء:142)
  • وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا (البقرة :126)
  • إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ لُوطٌ أَلَا تَتَّقُونَ (الشعراء:161)
  • إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ (يوسف :4)
  • وَاذْكُرْ عَبْدَنَا أَيُّوبَ إِذْ نَادَى رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ (ص:41)
  • قَالُوا يَا شُعَيْبُ مَا نَفْقَهُ كَثِيرًا مِمَّا تَقُولُ وَإِنَّا لَنَرَاكَ فِينَا ضَعِيفًا (هود:91)
  • وَوَهَبْنَا لَهُ مِنْ رَحْمَتِنَا أَخَاهُ هَارُونَ نَبِيًّ (مريم:53)
  • وَاذْكُرْ إِسْمَاعِيلَ وَالْيَسَعَ وَذَا الْكِفْلِ وَكُلٌّ مِنَ الْأَخْيَارِ (ص:48)
  • إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَى نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ وَأَوْحَيْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَعِيسَى وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا (النساء:163)
  • فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُودَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِينَ (الأنبياء :79)
  • وَإِنَّ إِلْيَاسَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ (الصافات:123)
  • يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّ (مريم:7)
  • وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ(آل عمران:144)

Itulah nama 25 Nabi dan Rasul yang disebutkan di dalam Al Qur’an. Kita wajib mengimani mereka semua sebagai pengamalan salah satu rukun iman, yakni iman kepada para rasul. Adapun kisah-kisah mereka akan kami ceritakan satu persatu dalam artikel-artikelselanjutnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.