Isim-Isim Yang Manshub (Mansubatul Asma')

isim-isim yang manshub

Arobiyahinstitute.com | Hai sahabat arobiah institute, sekarang kita telah memasuki bab baru, yaitu bab manshubatul asma’ (منصوبة الأسماء) atau isim-isim yang beri’rab manshub. 

Jika jumlah isim-isim yang beri'rab marfu’ ada 9, maka jumlah isim-isim yang beri’rab manshub ada 17, hampir dua kali lipatnya. Apa saja isim-isim yang beri’rab manshub? Yuk simak berikut ini.

1. Maful bih (مفعول به)

2. Maf’ul mutlaq (masdar) (مفعول مطلق)

3. Dzaraf zaman (ظرف الزمان)

4. Dzaraf makan (ظرف  المكان)

5. Hal (الحال)

6. Tamyiz (التمييز)

7. Mustasna (المثتثنى)

8. Ismu la (اسم لا)

9. Munada (المنادى)

10. Maf’ul min ajlih (المفعول من أجله)

11. Maf’ul ma’ah (المفعول معه)

12. Khobar kana waakhawatuha (خبر كان وأخواتها)

13. Ismu inna waakhawatuha (اسم إن وأخواتها)

14. Na’at (النعت)

15. Athaf (العطف)

16. Taukid (التوكيد)

17. Badal (البدل)

Itulah isim-isim yang beri’rab manshub, untuk detail pembahasannya kami pisahkan per bab masing masing dan tidak saya bahas disini semua. Silahkan kalian klik link link di atas untuk membaca pembahasan detailnya pe bab. 

Bagi kalian yang sedang belajar bahasa arab, kalian harus hapal diluar kepala semua kaidah-ilmu nahwu, termasuk isim-isim yang beri’rab manshub di atas. 

Karena kalau kalian tidak paham ilmu nahwu maka kalian tidak akan bisa membaca teks berbahasa arab yang tanpa harokat atau arab gundul. 

Namun apabila konsentrasi kalian hanyalah percakapan, maka kalian tidak terlalu butuh terhadap kaidah-kaidah ilmu nahwu, yang kalian butuhkan hanyalah kosakata yang banyak, dan praktek muhadatsah yang banyak dan ditambah sedikit kaidah-ilmu nahwu yang pokok-pokok dan termasuk didalamnya adalah memahami isim-isim yang manshub. Semoga uraian diatas bermanfaat, selamat belajar, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.